Komodo Hewan Purba Istimewa Yang Dimiliki Indonesia

Komodo Hewan Purba Istimewa Yang Dimiliki Indonesia

Komodo (Varanus komodoensis) adalah yang terbesar dari semua spesies kadal. Komodo dewasa berwarna coklat kusam, abu-abu gelap, atau kemerahan, sedangkan yang masih muda berwarna kehijauan dengan garis-garis kuning dan hitam.

Komodo adalah hewan karnivora dan pemulung (pemakan bangkai) dan merupakan karnivora teratas di ekosistem mereka. Komodo kadang-kadang menangkap mangsa hidup dengan cara bersembunyi dan menyergap, meskipun sumber makanannya terutama adalah bangkai.

Komodo memiliki penglihatan dan pendengaran yang memadai tetapi lebih mengandalkan penciuman untuk mendeteksi mangsa potensial. Komodo memiliki lidah panjang bercabang berwarna kekuningan serta gigi yang tajam.

Komodo memiliki moncong bulat, kaki yang kuat, dan ekor berotot. Mereka memiliki wilayah kekuasaan tapi jarang berkelahi untuk mempertahankannya. Musim kawin komodo biasanya berlangsung selama bulan Juli dan Agustus. Pada bulan September, betina menggali tanah untuk meletakkan telur yang bisa berjumlah hingga 30 butir.

Lubang telur kemudian ditutupi dengan dedaunan dan induk diam diatasnya untuk membantu proses penetasan. Setelah sekitar 8 bulan, telur kemudian menetas dan induk tidak lagi mengasuh bayinya. Bayi komodo langsung dilepaskan induknya untuk hidup mandiri.

Ketika baru menetas, anak komodo berukuran sekitar 37 cm. Mereka rentan terhadap predasi oleh komodo dewasa, burung, dan mamalia. Untuk alasan ini, anak komodo lebih memilih hidup diatas pohon yang memberi perlindungan terhadap predator sampai mereka cukup besar untuk mempertahankan diri sendiri.

Habitat
Komodo mendiami pulau-pulau di Indonesia seperti Pulau Komodo, Flores, Rinca, dan Padar.
Habitat komodo terdiri dari hutan savana tropis, habitat terbuka dataran rendah, pantai, dan sungai kering.

Makanan
Komodo adalah karnivora. Komodo muda memakan mangsa kecil seperti kadal, ular, dan mamalia kecil. Sedangkan komodo dewasa memangsa hewan yang lebih besar seperti rusa, kerbau, dan babi. Mereka juga memakan bangkai.

Ukuran dan Berat
Panjang komodo berkisar antara 1,8 hingga 2,7 meter dengan berat sekitar 75 kg.

Reproduksi
Komodo bereproduksi secara seksual. Mereka mencapai kematangan seksual pada usia sekitar 5 tahun dan berkembang biak selama bulan Juli sampai September. Periode mengerami telur adalah 8 bulan.

Klasifikasi
Komodo termasuk dalam kelompok Varanidae, sekelompok squamate yang lebih dikenal sebagai kadal monitor.
Baca Juga ×
Powered by Blogger.