Komodo Hewan Purba Istimewa Yang Dimiliki Indonesia

Komodo Hewan Purba Istimewa Yang Dimiliki Indonesia

Indonesia adalah negara yang kaya akan segala hal, dimulai dari alamnya yang sangat kaya, budayanya yang beragam, tanahnya yang subur dan masih banyak lagi. Hal inilah yang menjadi alasan banyak sekali negara di dunia yang berminat untuk berinvestasi di negeri kita ini. Di Indonesia sendiri memiliki banyak beragam jenis hewan, membahas mengenai hewan apakah teman-teman tahu bahwa masih ada salah satu spesies hewan purba alias salah jenis dinosaurus yang masih hidup? Betul sekali hewan itu adalah Komodo.

Hewan ini tinggal khusus di salah satu pulau Indonesia yang juga diberikan nama Pulau Komodo tepatnya di Nusa Tenggara Timur. Komodo adalah yang terbesar dari semua spesies kadal. Komodo dewasa berwarna coklat kusam, abu-abu gelap, atau kemerahan, sedangkan yang masih muda berwarna kehijauan dengan garis-garis kuning dan hitam. Komodo adalah hewan karnivora pemakan daging dan merupakan salah spesies karnivora teratas di ekosistem mereka. Komodo juga terkadang memangsa hidup dengan cara bersembunyi dan menyergap, meskipun sumber makanannya terutama adalah bangkai.



Perlu kalian ketahui bahwa Komodo memiliki penglihatan dan pendengaran yang memadai tetapi lebih mengandalkan penciuman untuk mendeteksi mangsa potensial. Komodo memiliki lidah panjang bercabang berwarna kekuningan serta gigi yang tajam. Bahkan hewan ini merupakan salah satu hewan pendendam loh, bahkan Komodo masih mengingat musuhnya apabila bertemu lagi tak terkecuali manusia yang mengganggunya hewan jenis akan terus ingin membalas dendamnya loh.

Komodo memiliki moncong bulat, kaki yang kuat, dan ekor berotot. Mereka memiliki wilayah kekuasaan tapi jarang berkelahi untuk mempertahankannya. Musim kawin komodo biasanya berlangsung selama bulan Juli dan Agustus. Pada bulan September, betina menggali tanah untuk meletakkan telur yang bisa berjumlah hingga 30 butir. Lubang telur kemudian ditutupi dengan dedaunan dan induk diam diatasnya untuk membantu proses penetasan. Setelah sekitar 8 bulan, telur kemudian menetas dan induk tidak lagi mengasuh bayinya. Bayi komodo langsung dilepaskan induknya untuk hidup mandiri.

Ketika baru menetas, anak komodo berukuran sekitar 37 cm. Mereka rentan terhadap predasi oleh komodo dewasa, burung, dan mamalia. Oleh karena itu anak komodo lebih memilih hidup diatas pohon yang memberi perlindungan terhadap predator sampai mereka cukup besar untuk mempertahankan diri sendiri.

Percaya atau tidak, Komodo adalah satu-satunya hewan hidup dan tumbuh di Indonesia saja. Komodo mendiami pulau-pulau di Indonesia seperti Pulau Komodo, Flores, Rinca, dan Padar. Habitat komodo terdiri dari hutan savana tropis, habitat terbuka dataran rendah, pantai, dan sungai kering. Jika kita bayangkan ukuran Komodo bisa mencapai panjang 1.8 hingga 2.7 meter dengan sekitar 75kg. Besar sekali bukan? Tertarik untuk berkungjung ke Pulau Komodo? yuk rencanakan dari sekarang.
Powered by Blogger.