Ikut Penerbangan Perdana AirAsia Jakarta - Pontianak

Ikut Penerbangan Perdana AirAsia Jakarta - Pontianak

 


PONTIANAK Dimusim liburan akhir tahun seperti ini banyak sekali yang memanfaatkan waktunya untuk berlibur ataupun pulang ke kampung halamannya masing-masing. Tak terkecuali maskapai penerbangan AirAsia yang juga membuka rute barunya yaitu Jakarta - Pontianak yang terbang perdana pada 15 Desember. Seperti yang diketahui pada bulan November 2020 yang lalu AirAsia membuat sebuah program Unlimited Pass dimana kita bisa terbang bebas selama 6 bulan hingga bulan Mei.

Dengan menggunakan AirAsia Unlimited Pass saya berkesempatan untuk ikut dalam penerbangan perdana rute baru AirAsia Jakarta - Pontianak pada 19 Desember 2020 lalu. Dalam penerbangan ini saya hanya membayar biaya IWJR saja ketika berangkat menuju Pontianak sebesar 5rb rupiah dan untuk kembali ke Jakarta saya membayar biaya IWJR 5rb + pajak bandara Supadio 90rb. Meskipun AirAsia merupakan salah maskapai penerbangan Low Cost Carrier tapi dari sisi ketepatan dan kenyaman penerbangan maskapai ini patut untuk diapresiasi. Lewat penerbangan ini saya jadi paham kenapa AirAsia jadi maskapai LCC terbaik 11 tahun berturut-turut.

Sebagai masyarakat yang beraktivitas sahari-harinya untuk bekerja sehingga sangat sulit mengatur waktu untuk melakukan perjalanan pada saat weekday, Hal itu membuat saya harus memanfaatkan waktu akhir pekan untuk melakukan perjalanan. Perjalanan saya menuju Kalimantan Barat ini benar-benar sangat singkat, keberangkatan pukul 7 pagi dan sudah berada di Jakarta lagi pada pukul 6 sore.

Baca Juga : Kota di Asia Tenggara dengan Biaya Hidup Lebih Murah dari Jakarta

Di waktu yang sangat singkat mengharuskan saya membuat rencana perjalanan yang jelas sehingga saat tiba di daerah tujuan tidak bingung. Beberapa hari sebelum keberangkatan saya pribadi sudah menyiapkan beberapa intenary perjalanan selama beberapa jam di Kalimantan dan hal yang sangat membuat terkesan adalah ketika bisa melihat dan datang secara langsung ke Sungai Kapuas. Terlihat norak sih, tapi bagi saya yang baru pertama kalinya menginjakan kaki di tanah Borneo ini merupakan salah satu pengalaman yang luar biasa.

Buat kalian yang juga baru pertama kali menginjakan kaki di Pontianak dan gak punya waktu banyak buat jalan-jalan tapi pengen liat sungai kapuas dari dekat. Saran saya sih bisa jalan kaki dari Supadio ke Jalan Sungai Durian jaraknya cuma sekitar 30 menit. Disitu teman-teman bisa naik kapal kalau mau jelajah sungai kapuas lebih dalam lagi.

Mengingat saat ini masih dalam kondisi pandemi Covid-19, 2 hari sebelum keberangkatan terdapat beberapa kebijakan yang berubah dimana setiap masyarakat yang akan melakukan perjalanan melalui transportasi udara harus melakukan uji tes Swab Antigen untuk memastikan bebas virus Covid-19 yang sebelumnya hanya dilakukan uji Rapid Test. Hal ini menjadi salah satu dilema saya saat itu, antara tetap memilih pergi atau tidak. Jika melihat dari ketentuan dari AirAsia Unlimited Pass akses bisa dibatalakan apabila kita sudah 2 kali no show yang berarti jika saya batal membatalkan perbangan menuju Pontianak, artinya 2 penerbangan sudah yang saya tidak hadir. Hal itu bisa membuat membuat akses saya di batalkan selamanya. 

Baca Juga : Anjungan Pantai Manakarra Lokasi Gempa yang Punya Pemndangan Keren di Mamuju

Akhirnya saya jugs tetap melakukan test uji Swan Antigen h-1 sebelumnya keberangkatan dan Alhamdulillah hasilnya Negatif. Semoga saja pandemi virus ini segera berlangsung agar aktivitas perjalanan kembali normal lagi.

Tujuan awal pergi menuju Kalimantan adalah hanya untuk merasakan terbang bersama AirAsia dan juga untuk menggunakan akses Unlimited Pass yang saya miliki. Namun setelah mendapatkan beberapa informasi tentang perjalanan di Kalimantan, khususnya Kalimantan Barat membuat saya pribadi sangat ingin kembali untuk menjelajah tanah Borneo.





Baca Juga ×
Powered by Blogger.