Kota di Asia Tenggara dengan Biaya Hidup Lebih Murah dari Jakarta

Kota di Asia Tenggara dengan Biaya Hidup Lebih Murah dari Jakarta



Pernahkah kamu memiliki impian untuk tinggal atau bekerja diluar negeri? jika iya apakah kamu sudah memiliki tujuan kota berikutnya? Bagi sebagian orang menganggap bahwa biaya hidup diluar negeri lebih mahal daripada Indonesia. Hal itu bisa dimaklumi mengingat pendapatan perkapita Indonesia masih dibawah negara-negara maju lainnya. Tercatat pada data tahun 2019 menurut Badan Pusat Statistik (BPS) Indonesia memiliki PDB per kapita sebesar $4.174 per tahunnya masih dibawah Thailand yang memiliki PDB sebesar $6.503. Meskipun begitu seperti yang dilansir dari laman nomad list ternyata kota-kota ini memiliki biaya hidup yang jauh lebih murah dibanding Jakarta lho. Kota mana saja? simak artikel ini sampai habis ya.

1. Hanoi, Vietnam



Biaya hidup di ibu rata-rata selalu tinggi, namun tidak dengan ibu kota Vietnam ini. Hanoi merupakan salah satu kota dengan biaya hidup termurah di Asia Tenggara dengan rata-rata hanya membutuhkan biaya $458 setiap bulannya.

2. Canggu, Indonesia

Indonesia masih menempati urutan pertama dengan biaya hidup yang murah. Canggu terletak di Kabupaten Badung, Provinsi bali ini menjadi tempat kedua dengan biaya hidup termurah di Asia Tenggara. Rata-rata biaya hidup untuk orang luar negeri disini hanya memerlukan biaya sebesar $470 per bulannya. 

3. Chiang Mai, Thailand

Kota kedua ialah Chiang Mai. Chiang Mai adalah provinsi disebelah utara Thailand yang berbatasan langsung dengan Myanmar. Biaya hidup di kota ini untuk orang luar negeri sebesar $500 per bulannya.

4. Da Nang, Vietnam

Kota di vietnam ini juga merupakan yang termurah untuk urusan biaya hidup, rata-rata hanya menghabiskan biaya sebesar $530 perbulannya. Meskipun kota ini masih asing di telinga masyarakat Indonesia nyata para traveller atau pun pekerja remote yang memilih untuk stay sementara di Da Nang, Vietnam.

5. Ubud Bali, Indonesia

Indonesia tetap menjadi yang termurah. Biaya Hidup di Ubud Bali rata-rata sebesar $531 perbulannya.

6. Manila, Filipina

Negara yang berbatasan dengan Sulawesi ini juga memiliki biaya hidup yang rendah, untuk tinggal di Ibu Kota rata-rata memerlukan biaya sebesar $541 setiap bulannya.

7. Phuket, Thailand

 Biaya hidup di Phuket setiap bulannya rata-rata menghabiskan $630


Itulah 7 kota di Asia Tenggara yang punya biaya hidup lebih murah dibanding Jakarta. Sedangkan kota Jakarta menurut yang dilansir dari nomad list untuk tinggal di Ibu Kota Indonesia dengan nyaman ini setidaknya harus memerlukan biaya $1.173 setiap bulannya. Bahkan untuk tinggal di Kota ini menurut situs pencari hotel terkemuka di dunia airbnb termurah untuk tinggal semalam di Jakarta adalah $30


Baca Juga ×
Powered by Blogger.