Sudah Pada Kenal Sama Rhino? Hewan Langka dari Indonesia

Sudah Pada Kenal Sama Rhino? Hewan Langka dari Indonesia

 

badak rhinoceros

Sudah pada kenal sama hewan yang satu ini? Hewan yang memiliki nama asli Rhinoceros Sondaicus Desmarest atau dikenal dengan badak bercula satu adalah salah satu spesies badak jawa yang terancam punah. Hewan ini juga merupakan hewan terbesar yang ada di Indonesia lho, beratnya bisa mencapai 1.5 Ton. Meskipun hewan ini merupakan spesies liar tapi hewan ini sangat langka di dunia sama seperti komodo hewan langka yang dimiliki indonesia sehingga harus dilestarikan keberadaannya.  Hewan ini bisa kamu temukan di Taman Nasional Ujung Kulon Banten.

Data hasil pemantauan pada tahun 2019 badak bercula satu di Taman Nasional Ujung Kulon hanya tersisa 73 ekor saja. Perlu diketahui badak bercula satu bukan satu-satunya populasi badak yang ada di dunia, tercatat terdapat beberapa spesies lainnya diantaranya rhinoceros sondaicus annamiticus atau badak jawa vietnam yang bisa ditemui disekitar Vietnam, Thailand, Kamboja & Laos namun populasinya yang sudah sangat langka hanya tersisa 12 ekor saja dan badak jawa india atau rhinoceros unicornis yang bisa ditemukan di myanmar sayangnya badak jenis ini telah dinyatakan punah sejak awal tahun 1900an.


Sehingga jika melihat data diatas badak bercula satu di Ujung Kulon yang paling memungkinkan untuk dilestarikan habitatnya. Organinasi dunia UNESCO juga memberikan bantuan dana dan dukungan teknis untuk meningkatkan perlindungan konservasi ujung kulon khususnya dalam perlindungan Badak Bercula Satu yang juga merupakan lambang atau ikon ujung kulon.

Karakteristik badak bercula satu ini adalah cara hidupnya yang soliter, yaitu lebih senang hidup sendiri kecuali badak muda dan badak betina yang mempunya anak mereka akan hidup berkoloni namun akan berakhir dalam waktu yang singkat. Sama seperti kebanyakan satwa liar lainnya badak ini juga mempunya wilayah teritorialnya sendiri dimana masing-masing badak akan melindungi kekuasaannya sendiri atau ingin menguasai wilayah teritorial yang diinginkan. Untuk badak jantan akan bertarung untuk mendapatkan wilayah teritorialnya. dan akan meninggalkan kotoran atau menggoreskan kaki di tanah untuk menandakan wilayahnya. Meskipun badak ini merupakan satwa liar, badak bercula satu merupakan jenis hewan herbivora 



Baca Juga ×
Powered by Blogger.