4 Fakta Ini Akan Membuat Kamu Segera Ingin Mendaki Gunung Slamet

4 Fakta Ini Akan Membuat Kamu Segera Ingin Mendaki Gunung Slamet

Kegemaran mendaki bagi anak-anak muda Indonesia saat ini sudah banyak sekali digandrungi. Bagi mereka yang baru akan memulai petualangan mendakinya, biasanya mereka akan memulai dari gunung yang memiliki trek tidak begitu rumit seperti gunung gede, gunung cikurai yang notabenenya sudah dibuatkan jalur khusus pendakian. Bagi mereka yang telah bisa menaklukan salah satu gunung, rasa ketidakpuasan itu akan terus tumbuh dan tumbuh. Para pendaki ini lah akan mulai mencari trek gunung dengan jalur tersulit. 

Berbicara mengenai jalur tersulit, bagi kamu yang pernah menonton film 5cm tentu akan membuat hati ini bergojal untuk segera mendaki gunung semeru bukan? Gunung ini dikenal sebagai gunung dengan pemandangannya yang keren dan juga sebagai gunung tertinggi di pulau jawa. Namun Pernahkah kalian berpikir untuk mendaki gunung tertinggi kedua di pulau Jawa? Jika ya, kamu tentu harus mengenal Gunung Slamet yang berada di Jawa Tengah ini.

Memiliki sebutan sebagai gunung tertinggi kedua, menjadikan Gunung Slamet menjadi salah satu destinasi yang pantang untuk di daki. Perasaan bangga akan mencul setelah kita bisa menaklukannya. Di puncak slamet kita bisa melihat keindahan alam yang luar biasa dahsyat dan lautan awan yang berjejer. Gunung Slamet sendiri adalah gunung tertinggi di Jawa Tengah dan menempati gunung tertinggi keempat di Indonesia lho dan menariknya lagi, Gunung Slamet ini adalah salah satu gunung berapi yang masih aktif di Indonesia hingga saat ini.

Berada di ketinggian 3.428 mdpl terletak di empat kabupaten, yakni Brebes, Banyumas, Purbalingga, dan Kabupaten Pemalang yang ada di Jawa Tengah. Kamu pernah mendengar Baturaden? wisata alam dengan pemandian air panas dan terkenal dengan curug 7 nya. Jika kamu pernah kesini berarti kamu telah menginjakan kaki tepat di Kaki Gunung Slamet.

Bisa dibilang, gunung Slamet sudah berabad-abad memberi kehidupan bagi warga di kaki gunung di lima kabupaten sekaligus. Sekarang gunung Slamet juga sangat membantu menumbuhkan industri wisata di daerah-daerah yang ada di seputarannya. Gunung ini sangat terkenal sebagai daerah pendakian favorit. Dengan ketinggian 3.428 meter di atas permukaan laut dan track lumayan sulit, menjadi tantangan tersendiri bagi para pendaki. Inilah fakta dari gunung slamet yang harus kamu ketahui.

1. Gunung Tertinggi Di Jawa Tengah


Gunung Slamet berdiri tegak di Provinsi Jawa Tengah di 5 wilayah kabupaten, yaitu Banyumas, Brebes, Purbalingga, Pemalang, dan Tegal. Puncak Gunung Slamet juga menjadi gunung terting berapi di di Jawa Tengah. Gunung Merapi hanya 2.968 meter, sementara Gunung Merbabu sedikit lebih tinggi yaitu 3.145 meter.

2. Gunung Berapi Aktif



Gunung Slamet adalah gunung berapi yang cukup aktif di pulau Jawa. Semenjak meletus pertama kali pada tanggal 11 – 12 Agustus 1772, menurut data sejarah gunung ini sudah meletus sebanyak 42 kali. Merupakan gunung teraktif kedua setelah gunung Merapi. Terkahir kali gunung Slamet meletus pada 12 maret 2014. Namun, semua letusan tersebut termasuk dalam skala erupsi kecil yang tidak membahayakan warga kaki gunung. Meskipun pernah terjadi letusan besar pada tahun 1988, namun sampai sekarang warga di sana masih slamet dari letusan gunung Slamet.

3. Jalur Pendakian



Terdapat total ada 4 jalur pendakian di gunung Slamet. Jalur lama dan standar adalah dari arah Bambangan, Desa Kutabawa, Kecamatan Karangreja, Kabupaten Purbalingga. Namun yang lebih populer dari semuanya yaitu Baturaden. Baru diresmikan tahun 2013 lalu, jalur Dhipajaya juga bisa menjadi pilihan pendakian.

4. Rintangan



Beberapa rute pendakian di gunung slamet sendiri memiliki jalur yang curam, gunung Slamet juga memiliki rintangan lain, yakni tidak ada sumber air dan kabut yang cukup pekat. Untuk ketinggian gunung seperti gunung Slamet, ketersedian air sangatlah penting, sedangkan semua jalur pendakian tidak ada sumber air yang dilalui. Perlu diketahui juga bahwa kondisi kabut disini sangat sering berubah dan kepekatannya sangat tajam sehingga penghilatan terganggu.
Powered by Blogger.